4 Makanan untuk Meningkatkan Kesuburan

Semua pasangan yang telah menikah sejatinya mengharapkan kehadiran sang buah hati untuk dapat melengkapi kebahagiaan mereka. Sayangnya, tak semua pasangan yang telah membina hubungan rumah tangga segera dikaruniai keturunan.

Tentunya, perkara sulit memiliki keturunan ini bisa berujung panjang. Hal paling sederhana yang mungkin terjadi adalah timbulnya kegelisahan antara pasangan suami istri, munculnya pertanyaan dari pihak keluarga, sampai yang terparah adalah keretakan hubungan.

Tenang saja, sebenarnya ada banyak hal yang bisa diusahakan untuk dapat memiliki keturunan. Selain berkonsultasi dengan dokter kesuburan atau fertilitas, 4 bahan makanan berikut ini juga diyakini dapat membantu meningkatkan kesuburan, dan membantu pasangan untuk segera memiliki momongan. Silakan disimak.

  • Ikan

Sudah sejak lama, ikan diketahui sebagai bahan makanan yang super atau istilahnya super food, karena kaya akan kandungan nutrien yang dibutuhkan tubuh. Kini, para ahli kembali menobatkan beberapa jenis ikan, terutama ikan yang berlemak seperti ikan herring, makarel dan salmon, sebagai bahan makanan yang dapat membantu meningkatkan kesuburan. Menurut penelitian, ikan berlemak kaya akan asam lemak esensial yang berpengaruh bagi sintesa prostaglandin, yang merupakan hormon yang dapat mempengaruhi kuantitas dan kualitas sperma. Oleh karena itu, para suami yang ingin segera memperoleh keturunan, ayo perbanyak makan ikan yang berlemak mulai dari sekarang.

  • Bayam

Sejatinya, semua sayuran hijau dapat membantu memenuhi kebutuhan tubuh akan asam folat. Namun, bayam memiliki kandungan asam folat yang lebih tinggi ketimbang sayuran berwarna hijau lainnya. Asam folat adalah zat yang sangat dibutuhkan untuk membantu meningkatkan kesehatan sperma dan sel telur, sekaligus mencegah terjadinya keguguran, terutama di masa awal kehamilan. Selain itu, bayam juga mengandung vitamin C dan zat besi, yang diyakini dapat membantu meningkatkan kualitas sperma.

  • Alpukat

Bagi wanita yang sedang berdiet, buah alpukat mungkin menjadi buah yang dihindari, karena mengandung lemak yang cukup tinggi. Namun, ternyata buah yang berasal dari Meksiko dan Amerika Tengah ini cukup efektif dalam membantu meningkatkan kesuburan karena kandungan vitamin E yang melimpah. Vitamin E telah terbukti dapat meningkatkan kesuburan, baik bagi pria maupun bagi wanita. Selain itu, alpukat juga kaya akan zat antioksidan yang dapat memperlambat penuaan, serta mengurangi penurunan ovulasi akibat faktor usia. Khusus bagi kaum Adam, alpukat juga bisa meningkatkan kualitas sperma.

  • Madu

Menurut legenda, ratu tercantik di Mesir, Cleopatra, kerap berendam di dalam cairan susu dan madu untuk mempertahankan kecantikannya. Ternyata, khasiat madu tak berhenti sampai di sana saja. Bahkan, selama berabad-abad lamanya, madu sudah digunakan untuk meningkatkan kesuburan. Rahasianya terletak pada kemampuannya untuk meningkatkan asam amino yang berfungsi untuk menutrisi sistem reproduksi.

Iklan